Paluang Temple : The Uniqueness of Temple in Bali


Temple Paluang is Sad Kahyangan temple, this temple has pelinggih that shaped like car. Paluang is found in Hamlet Karangdawa, Village Bungamekar, Nusa Penida. Many people who estimate Ida Bhatara who has the title Ida Gede Ratu Sakti Hyang Mami beristana in this Paluang Pura which has a temple that often kerauhan and here is the formation shaped like a car.

In this temple often the occurrence of possesed, temple has existed since 300 years ago. In the
 temple here are also 2 statues are statues lanang and istri.Also has two temples of Segara Temple
 and Paluang temple.

This certainly makes its own uniqueness in this temple, every day many tourists who come to this temple to see the uniqueness of the temple and to pray. For those of you who want to visit this temple or want to do the prayers you can travel about 40 minutes by motorcycle from the Port of Nusa Penida, the road you are through is quite difficult and along the way you will find many bushes, cliffs and houses.


Pura Paluang merupakan Pura Sad Kahyangan, pura ini memiliki pelinggih yang berbentuk seperti mobil.Pura Paluang ini terdapat di Dusun Karangdawa,Desa Bungamekar,Nusa Penida. Banyak masyarakat yang memperkirakan Ida Bhatara yang memiliki gelar Ida Gede Ratu Sakti Hyang Mami beristana di Pura Paluang ini yang memiliki sebuah penyungsung pura yang sering kerauhan dan di sini lah dibentuknya pelinggih yang berbentuk seperti mobil. . Di Pura ini sering terjadinya kerauhan,Pelinggih mobil ini sudah ada sejak 300 tahun yang lalu. Di dalam pelinggih mobil itu juga terdapat 2 arca yaitu arca lanang dan istri.Pura ini juga memiliki dua pura yaitu Pura Segara dan Pura Paluang.Di Pura Paluang terdapat 2 palinggih yang berbentuk seperti mobil dan memiliki ukuran yang berbeda. Hal ini tentunya membuat keunikan sendiri pada pura ini,setiap harinya banyak wisatawan yang datang ke pura ini untuk melihat keunikan pura maupun untuk sembahyang. . Untuk kalian yang ingin berkunjung ke pura ini atau ingin melakukan persembahyang kalian bisa menempuh perjalan sekitar 40 menit dengan sepeda motor dari Pelabuhan Nusa Penida,jalan yang kalian lalui cukup sulit dan sepanjang jalan kalian akan banyak menemukan semak-semak, tebing dan rumah penduduk. sumber : www.klungkungkab.go.id indonesia360.net 20102017.11.1 #indonesia360net#JelajahPura#NusaPenida#Indonesia#wowfakta#sejarah#budaya#wisatakeren#indah#indonesiakeren#travel#wisata#wisata#puraunik#akulturasibudaya#toleransi#cintatanahair#pesonaindonesia #kabarindonesia#faktaunik#beritaterkini #trendingtopic #Gereja #vihara #pura #masjid#Medan
A post shared by indonesia360.net (@indonesia360net) on

No comments:

Post a Comment